SELAMAT DATANG SOBAT !!!! Terimakasih telah berkunjung ke ABADIORKES

6.03.2011

GMKI BANDARLAMPUNG: Implementasi Pancasila untuk Pertahankan NKRI











BANDAR LAMPUNG (Lampost): Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) menyerukan agar implementasi Pancasila dilaksanakan secara ideologis dalam semua bidang kehidupan. Hal tersebut untuk mempertahankan NKRI yang pluralis dan multikultur.

Ketua GMKI Cabang Bandar Lampung Benny Y. Hutapea dan Sekretaris Hendry Sianturi dalam pesan pers kepada Lampung Post, Kamis (2-5), mengatakan secara konseptual Pancasila merupakan paradigma tentang realitas masyarakat multikutural Indonesia yang inklusif dan toleran.

Karena itu, Pancasila harus digunakan secara benar, konsisten, dan ideologis dalam pembuatan dan pelaksanaan segala produk perundang-undangan dan aktivitas sosial lainnya. "Pancasila merupakan arena ekspresi sosial dan budaya masyarakat yang demokratis sehingga Pancasila jangan lagi dijadikan sebagai alat kooptasi negara untuk kepentingan politik kekuasaan yang otoriter, seperti zaman Orde Baru," kata Benny.

Menurut Benny, masyarakat sosial perlu menempatkan ideologi Pancasila sebagai common platform dalam aktivitasnya sehingga mampu membendung fundamentalisme agama.

Apalagi pada era reformasi, kehidupan berbangsa terusik dengan berkembangnya ideologi radikal bernuansa agama. "Ideologi ini merusak tatanan kehidupan pluralisme di Indonesia sebagaimana diimpikan oleh Pancasila," kata dia.

Terkait dengan hari lahirnya Pancasila, 1 Juni, GMKI menyerukan sepuluh langkah untuk mengembalikan Pancasila sebagai dasar berbangsa. Di antaranya mempercepat reformasi kurikulum pendidikan Pancasila, mencabut Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri tentang Pedoman Pendirian Rumah Ibadah karena ternyata tidak sesuai dengan nilai–nilai Pancasila, serta penegakan hukum yang konsisten dan adil. (U-2)

Copyright © 2003 Lampung Post. All rights reserved.
Jum'at, 3 Juni 2011
SUMBER ; LAMPUNG POST.com

(Dipersilahkan Komentar)

Sponsored :





BismaClix.com - Inovasi Baru PTC Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ingin diskusi atau komunikasi lanjut, silahkan tinggalkan alamat e-mail teman.