SELAMAT DATANG SOBAT !!!! Terimakasih telah berkunjung ke ABADIORKES

8.03.2011

KONSEP PELATIHAN PEMBUATAN BLOG









 

KONSEP PELATIHAN PEMBUATAN BLOG



I.            Judul
Pelatihan Pembuatan Blog untuk Guru dan Siswa SMA se – Bandarlampung


II.            Latar belakang
Di zaman mondial ini, perkembangan Ilmu teknologi dan arus informatika sudah tidak terbendung lagi. Perkembangan zaman ke kehidupan yang serba praktis akan menjadi budaya kehidupan manusia. Lihat saja seperti jika Anda ingin membli suatu barang atau benda yang Anda butuhkan salah satunya seperti Anda ingin pakaian atau Anda ingin membeli alat elektronik, Anda tidak perlu ke Mall atau ke pasar untuk mendapatkan barang – barang tersebut. Anda cukup berada di rumah dan menunggu pesanan barang – barang tersebut datang ke tempat kita.
Gambaran ini menunjukkan bahwa dengan Teknologi dan informatika (TIK), akan memudahkan segala aktivitas manusia. Dan ini merupakan gejala ke arah kehidupan yang praktis.

Namun permasalahannya sekarang adalah, apakah semua orang siap untuk menanti jaman teknologi seperti itu? Inilah yang menjadi permasalahan saat ini. Masih banyaknya orang yang belum bisa memanfaatkan dan mengembangkan teknologi yang ada sekarang ini mengindikasikan bahwa sebagian orang masih belum siap untuk menuju zaman globalisasi yang serba praktis. Oleh karena itu, seharusnya harus diantisipasi agar tidak menjadi ‘Gaptek’ karena pada dasarnya teknologi sekarang diciptakan demi memudahkan efesiensi kehidupan. Terlepas dari penyalahgunaan teknologi, namun secara filosofis, teknologi digunakan untuk membantu kehidupan manusia.

Dalam konteks pendidikan, teknologi bisa diintegrasikan demi mendukung kegiatan belajar mengajar khususnya di sekolah. Metode konvensional yang sering dipakai sepertinya sudah kurang relevan dengan realitas aktivitas siswa dewasa ini. Sebagai contoh gambarannya, dimana siswa sudah mengenal internet, sementara gurunya masih berkutat dengan buku paketnya, dan masih banyak hal yang nantinya tidak relevan jka integrasi pendidikan dan teknologi tidak berjalan dengan baik pada proses belajara mengajar.
Untuk itu guru dan siswa harus bisa memanfaatkan tekonologi dalam mendukung kegiatan belajar mengajar.

Di provinsi Lampung sendiri, penerapan teknologi untuk membantu kegiatan belajar mengajar masih sangat minim. Kegiatan belajar mengajar masih cenderung konvensional. Dan ini butuh perhatian agar siswa – siswa yang notabene anak – anak bangsa, bisa bersaing nantinya. Kita harus segera mengantisipasi agar anak – anak bangsa tidak ‘gaptek’ dan bisa berbicara banyak dengan memanfaatkan teknologi.
Selain siswa, guru juga perlu dibekali dengan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi agar mempermudah interaksi dan komunikasi antara siswa dan guru.

Melihat kekondisian diatas, pemberian wawasan tentang pemanfaatan teknologi dianggap penting. Hal ini bisa dilakukan dengan mengadakan suatu bentuk pelatihan kepada guru – guru. Dan dalam hal ini di kerucutkan dengan mengadakan pelatihan pembuatan blog.
Blog merupakan sebuah situs web dalam skala kecil. Blog merupakan wadah yang bisa menampung kekreatifan seseorang. Selain itu blog  berfungsi untuk menjalin komunikasi dan sosial dengan orang lain. Artinya blog bermanfaat untuk berinteraksi dan memperlancar komunikasi.

Pelatihan pembuatan Blog  untuk guru dan siswa ini diadakan dengan cakupan se – Bandarlampung. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang teknologi dan merangsang siswa dan guru untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan teknologi.

Dengan demikian, pelatihan ini nantinya sangat bermanfaat untuk mendukung proses pendidikan yang lebih baik.

III.            Tujuan
-          Siswa dan guru diharapkan dapat memiliki blog
-          Siswa dan guru dapat menjalin komunikasi interaktif dengan blog
-          Siswa dan guru diharapkan aktif menulis di blog

IV.            Sasaran
Guru – guru dan siswa SMA se-Bandarlampung

V.            Waktu dan tempat
Kegiatan dapat dilaksanaka selama 2 hari
Dan diadakan pada ruangan yang memiliki akses internet atau bisa menggunakan laptop dan modem

VI.            Tema
“Menyongsong Pendidikan Berbasis Teknologi dan Informatika di Era Globalisasi”

VII.            Materi
-          Pengenalan dunia IPTEK :
-          Pembuatan Blog
-          Pengembangan Blog
-          Pemanfaat blog dalam dunia pendidikan

VIII.            Estimasi sumber pemasukan
-          Kontribusi peserta
-          Dinas pendidikan kota/provinsi
-          Sekolah/tuan rumah
-          Sponsor












ANALISIS SWOT

Kekuatan :
SMA Negeri 9 yang notabene sekolah RSBI memilik bergainning (posisi tawar) untuk melakukan kegiatan – kegiatan dalam dunia pendidikan dan lebih memiliki peluang responsif yang baik. Artinya kegiatan ini selain bermanfaat untuk guru dan siswa, tentu saja kegiatan ini lebih menarik jika SMA negeri 9 dapat melaksanakannya karena merupakan kegiatan yang jarang sekali dilakukan

Kelemahan :
Kukurang atusiasan guru dan siswa menjadi kelemahan untuk mengadakan kegiatan ini. Perlu adanya publikasi yang baik agar memudahkan penjangkauan siswa dan guru yang akan mengikuti kegiatan

Peluang :
Dengan mengadakan kegiatan ini ,komunikasi antara guru dan siswa akan lebi baik sehingga apa yang menjadi permasalahan siswa tentang pelajaran, bisa dikomunikasikan tanpa harus berada dalam kelas atau sekolah. Selain itu, SMA negeri 9 yang menggagas kegiatan ini tentunya akan semakin meningkatkan eksistensi di dunia pendidikan khususnya di provinsi Lampung.

Ancaman :
Kegiatan ini bisa saja tidak berjalan dengan baik dan tidak seperti yang diharapkan. Kehadiran peserta yang minim dan dukungan pihak lain yang kurang, menjadi ancaman dalam melakukan dan mempersiapakan kegiatan ini.


Hendry Sianturi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ingin diskusi atau komunikasi lanjut, silahkan tinggalkan alamat e-mail teman.