SELAMAT DATANG SOBAT !!!! Terimakasih telah berkunjung ke ABADIORKES

8.28.2011

ORNAMEN MUDIK MENGHIASI JALANAN

ORNAMEN MUDIK MENGHIASI JALANAN

Lebaran segera tiba dan tradisi masyarakat menanti hari kemenangan dilakukan denga banyak kegiatan seperti membuat kue lebaran, mempersiapkan serangkaian rencana kunjungan dan silahturahmi serta mudik ke luar kota. Kegiatan tahunan yang biasa dilakukan umat muslim memang sudah menjadi hal biasa. Dan salah satu kegiatan yang cukup merepotkan pemeritnah khsusnya pihak keamanan dan dinas perhubungan adalah kegiatan mudik. Kegiatan ini sudah sangat familiar setiap tahunnya. Sehingga segala sesuatu yang berhubngan dengan ini sudah dipersiapkan, baik persiapan logistik untuk mudik dan kesehatan badan untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Sebenarnya tradisi mudik ini salah satunya dilatarbelakngi program yang pernah dilakukan pemerintah dulunya yaitu program transmigrasi (perpindahan penduduk dari kota ke desa), sehingga banyak masyarakat yang harus kembali lagi kekampung dalam rangka siklahturahmi di hari lebaran. Program yang pernah digallakkan ini membuat pendistribusian penduduk dari kampung halaman ke tempat – tempat yang dianggap masih sedikit penduudknya.
Selain itu faktor yang menyebabkan tradisi mudik secara menyeluruh adalah begitu banyak masyarakat yang masih mencoba keperutungan hidup sehingga ramai – ramai pergi ke kota berharap untuk mengubah hidup yang lebih baik. Dan tentunya menambah jumlah penduudk yang ada di perkotaan khususnya daerah perkotaan yang cukup mapan dan metropolit. Sehingga fenomena sepinya kota ketika tradisi mudik datang, sudah menjadi pemandangan biasa.

Andai saja faktor diatas tidak terjadi, maka tradisi mudik tidak akan mengundang perhatian yang serius. Karena demi menghindari kejadian – kejadian yang tidak diinginkan, maka mudik menjadi penting untuk dipantau dan diawasi.

Perjalanan mudik menjadi cerita tersendiri bagi orang yang mudik. Apalagi jika perjalanannya cukup jauh dari asalnya. Melewati jalan – jalan lintas yang beraspal panas ditambah keramaian para pemudik akan memberi kesan tersendiri gai para pemudik yang melakukan mudik baik menggunakan jalur darat, air dan udara. Pada dasarnya memang yang banyak digunakan para pemudik adalah jalur darta mengingat kuantitiasnya mendukung serta biaya atau tarif perjalanan masih cenderung lebih merah dibandingkan perjalanan melewati jalur lainnya. Sehingga perjalanan melalui darat menjadi populis di negara kita.

Jika kita melewati jalan lintas pada hari – hari normal maka jalan – jalan akan tampak seperti biasa. Tidak ada yang asing di pemandangan kita. Namun ketika kegiatan mudik tiba, maka banyak hal – hal yang menajdi berubah pada jalan lintas. Hampir di semua jalan lintas, mulai dihiasi oleh hal – hal yang memamncing mata. Mengambil momentum mudik banyak instasnsi memanfaatkan hal ini untuk kepentingan perusahaan.
Yang pertama adalah, adanya pemasangan umbul – umbul, spanduk sampai pembagian selebaran di jalan – jalan, menjadi hal pemeriah kegiatan mudik. Jika para pemudik melewati jalur darat, maka jalan akan dihiasi benda – benda seperi itu, pemanfangan yang jarang kita lihat jika hari – hari biasa. Banyak umbul – umbul menghiasi jalan mulai dari umubul – umbul operator, makanan/minuman penambah energ hingga perusahaan asuransi.
Perjalanan para pemudik semakin meriah dengan hadirnya ini sebagai penghias jalan sekaligus media publikasi para instansi demi meraup branding ataupun keuntungan lainnya.
Lalu yang kedua adalah, dalam jarak beberapa kilometer banyak berdiri posko – posko. Posko – posko ini biasanya berasal dari pemerintah setempat, kepolisian, LSM – LSM, organisasi masyarakat hingga partai politik. Terlepas mereka ingin menunjukkan eksistensi untuk keuntungan masing – masing instansi dan organisasi, tetapi ini penting agar meminimalisir kesalahan ataup kecelakaan lalu lintas yang biasanya seirnga terjadi apalagi ketika masa – masa mudik seperti ini.
Posko – posko ini bisa menjadi tempat peristirahatan dan tempat bertanya para pemudik ketika menemui kesulitan perjalanan mudik apalagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribai baik itu motor pribadi ataupun mobil pribadi. Kehadiran posko juga sudah menjadi trend ketika mudik tiba. Dan sampai sekarang hal ini sangat positif untuk mendukung kegiatan mudik yang lancar dan kondusif.
Lalu yang ketiga adalah, berdirinya pondok – pondok peristirahatan yang biasanya menjual dan menyajikan bahan – bahan yang bisa menyegarkan ataupun memberi tenaga kepada para pemudik. Muali dari jenis – jenis makanan, minuman dan obat – obatan (suplemen). Pondok – pondok peristirahatan yang seyogianya pada hari biasa tidak buka, namun pada kegiatan mudik menjadi momentum yang bisa dimanfaatkan beberapa masyarakat guna meraup sedikit keuntungan dari kegitan mdik ini.

Ketiga hal diatas, adalah kegiatan periodik yang dilakukan secara tahunan biasanya. Ketiga kegiatan momentual tersebut sangat membantu para pemudik melakukan perjalanannya. Sehingga hal ini sebenarnya harus mendapat dukungan dari lainnya seperti dukungan dari masyarakat sekitar. Agar perjalanan para pemudik semakin lancar dan waktu perjalanan untuk sampai ke tempat tujuan sesuai dengan yang diharapkan.

Lalu disamping itu, pada jalan lintas di beberapa daerah, masihlah belum bisa dikatakan baik. Masih banyaknya jalan lintas yang berlubang dan tidak merata menjadi ancaman yang cukup serius untuk para masyarakat khsuusnya para pemudik. Banyak kasus kecelekaan yang diakibatkan jalan berlubang. Dan biasanya para pengguna jalan yang kecelakaan, lantaran menghindari jalan rusak.
Hal seperti ini harusnya bisa diwaspadai para pemudik agar tiba pada tujuan tanpa ada hambatan.
Selain itu masih ada juga prasarana lainnya yang kurang mendukung kegiatan mudik ini, seperti kerusakan jembatan yang masih banyak. Perbaikan yang telat akan menghambat perjalanan para pemudik.

Mudik bukan pemilik masyarakat yang mengadakan perjalanan mudik, tetapi mudik sudah menjadi tradisi tahunan yang harus didukung. Apalagi kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang sangat rentan dengan kecelekaan yang bisa menelan korban jiwa.

Oleh karena itu, mari dukung kegiatan mudik agar bisa berjalan lancar. Dan lebih dari itu, bisa melaksanakan silahturahmi kepada saudara di hari kemenangan.
Untuk para pemudik, semoga perjalanannya berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan apapun. Dan buat pemerintah yang sudah bekerja mempersiapkan segala sesutu yang berhungan dengan mudik, agar siap sedia menjaga kelancaran mudik.


Bagaimana Pendapat Anda??


27 Agustus 2011
Hendry

5 komentar:

  1. pingin lebaran ke kalimantan... ke rumah kakak, tapi gak bisa... keluarga milih gak mudik...jadi bikin kangen... (tuh kan, saya malah curhat)

    BalasHapus
  2. sendiri ++++++ :sabar ya....
    mungkin ada pertimbangan, sehingga tidak mudik ke luar kota.
    jangan bersedih ya...
    semoga lebaran ke depan bisa mudik...

    BalasHapus
  3. Thisis all from one day stickers to buy of experimentation.
    Suddenly this can of soup isn't looking so delicious, and it is a single tile boxes, in the 12 months between November 2009 and November 2010, M2 money supply, which now grows by the day. They wanted `only to look for the ultimate macho. Traditionally considered an Internet home business in its professional form.

    My page - vinyl sticker

    BalasHapus

Jika ingin diskusi atau komunikasi lanjut, silahkan tinggalkan alamat e-mail teman.