SELAMAT DATANG SOBAT !!!! Terimakasih telah berkunjung ke ABADIORKES

12.05.2012

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DIKELAS IV SD NEGERI NO. 104208 CINTA RAKYAT TAHUN AJARAN 2010 / 2011


Oleh :
HAMIDATUN JARIA SIREGAR
NIM 071211920289



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk membekali siswa menghadapi masa depan. Untuk itu proses pembelajaran yang bermakna sangat menentukan terwujudnya pendidikan yang berkualitas. Siswa perlu mendapat bimbingan, dorongan, dan peluang yang memadai untuk belajar dan mempelajari hal – hal yang akan diperlukan dalam kehihidupannya. Tuntutan masyarakat yang semakin besar terhadap pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, membuat pendidikan tidak mungkin lagi dikelola hanya dengan melalui pola tradisional, demikian halnya dengan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial ( IPS ).

            Pembelajaran IPS di sekolah dasar sangat penting artinya dalam mempersiapkan sumber daya manusia dengan kemampuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang tinggi semenjak dini. Hal yang menjadi hambatan selama ini dalam pembelajaran IPS adalah disebabkan kurang profesionalismenya guru dalam menyampaikan pelajaran, mereka jarang menggunakan media dan sumber belajar, sehingga kurang menarik minat anak, dan pada gilirannya prestasi belajar kurang memuaskan. Singkatnya pembelajaran IPS selama ini kurang aplikatif pada kejadian sehari – hari yang ada dilingkungan sekitarnya.
            Berdasarkan pengamatan peneliti pada waktu observasi awal, kenyataan di lapangan khususnya pada pembelajaran IPS di SD Negeri 104208 Cinta Rakyat, menunjukkan guru kurang optimal dalam memanfaatkan maupun memberdayakan sumber pembelajaran, karena pembelajaran IPS di SD Negeri 104208 Cinta Rakyat cenderung masih berpusat pada guru ( teacher centered ), text book centered dan mono media. Guru masih mendominasi proses pembelajaran sedang siswa masih nampak pasif. Selama proses pembelajaran guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam setiap penyampaian materi pelajaran IPS, karena menurut guru metode ceramah merupakan metode yang paling mudah dilaksanakan. Hal ini menyebabkan banyak siswa SD Negeri 104208 Cinta Rakyat menganggap proses pembelajaran IPS ini adalah sesuatu yang membosankan, monoton, kurang menyenangkan, terlalu banyak hafalan,kurang varatif dan berbagai keluhan lainnya. Berdasarkan pada Suplemen Buku Induk Siswa yang berisi daftar nilai atau prestasi siswa berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi dapat diperoleh data hasil prestasi nilai siswa kelas IV SD Negeri 104208Cinta Rakyat semester genap tahun pelajaran 2010 / 2011 sebanyak 30 orang siswa yang mengikuti ujian semester hanya 10 orang siswa atau 33,33 % dari seluruh jumlah siswa dalam satu kelas yang berhasil mendapatkan nilai di atas nilai 6,sedangkan 20 orang siswa atau 66, 67 % dari jumlah seluruh siswa dalam satu kelas mendapatkan nilai di bawah nilai 6. Dari data hasil nilai siswa tersebut, bahwa pembelajaran IPS tidak terselenggara dengan baik bila mana para peserta didik tidak di dukung oleh sumber belajar yang di perlukan untuk penyelenggaraan kegiatan proses belajar mengajar. Terlebih lagi dalam pembelajaran IPS yang merupakan syntetic science,karena konsep, generalisasi dan temuan – temuan penelitian ditentukan atau diobservasi setelah fakta terjadi menuntut adanya suatu media pendidikan dan sumber pembelajaran yang bisa meningkatkan interaksi dan motivasi belajar siswa.
            Sumber pembelajara adalah segala sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan oleh guru,baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan untuk kepentingan belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan efektifitas dan efiinsi tujuan pembelajaran. Sedangkan media pendidikan adalah alat, metode, dan tekhnik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasidan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
            Media pendidikan merupakan berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. Media pendidikan juga diartikan sebagai media komunikasi yang dipakai dalam kegiatan belajar mengajar. Media pendidikan meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran, yang terdiri antara lain buku, tape recorder, kaset, video, kamera, video recorder, film, slide, foto, gambar, grafik, televisi dan komputer.
            Sebagai sumber pembelajaran IPS, media diperlukan untuk membantu guru dalam menumbuhkan pemahaman siswa terhadap materi IPS. Agar pembelajaran IPS menjadi pembelajaran yang aktif dan menyenangkan salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan media gambar.
            Salah satu sub pokok bahasan pelajaran IPS di kelas IV SD semester genap adalah “ perkembangan tekhnologi produksi “ dengan kompetensi dasar yaitu “ mengenal perkembangan tekhnologi produksi, komunkasi, dan transportasi serta pengalaman peggunaannya. Agar materi tersebut mudah dipahami dan dapat diingat oleh sisawa, perlu digunakan media gambar dalam penyampaian materi seperti gambar produksi makanan dan produksi pakaian.
            Tujuan pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar adalah untuk menarik minat siswa mempelajari IPS, memberi motivasi belajar dan meningkatkan rasa ingin tahu dalam diri siswa, meningkatkan pemahaman dalam diri siswa terhadap konsep IPS, membuat pembelajaran IPS menjadi menarik dan menyenangkan serta untuk meningkatkan prestasi siswa.
            Berdasarkan uraian – uraian di atas, maka dapat dipahami bahwa penggunaan media gambar mampu menarik minat maupun memberi motivasi belajar kepada siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji permasalahan tersebut dengan judul : “ Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS dengan menggunakan media gambar di kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat”.

1.2  Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat diidentifikasikan beberapa permasalahan yang berhubungan dengan pembelajaran IPS di SD, antara lain :
1.             Rendahnya nilai ujia semester siswa pada pelajaran IPS sub pokok bahasan perkembangan tekhnologi produksi.
2.             Pembelajaran IPS di SD Negeri 104208 Cinta Rakyat cenrerung masih berpusat pada guru (teacher centered) dimana guru masih mendominasi proses pembelajaran sedang siswa masih nampak pasif
3.             Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam setiap penyampaia materi pelajaran IPS, karena menurut guru tersebut metode ceramah merupakan metode yang paling mudah dilaksanakan
4.             Guru jarang menggnakan media selama pembelajara IPS, sehingga siswa merasa bosan dalam belajar.

1.3  Batasan Masalah
Adapun pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah : meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada pokok bahasan perkembangan tekhnologi produksi di kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat tahun ajaran 2010 /2011
  
1.4  Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini. “Apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan perkembangan tekhologi produksi di kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat?

1.5  Tujuan Penelitian
Apun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah:
1.      Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS  pokok bahasan perkembangan tekhnologi produksi di kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat.
2.      Untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam menggunakan metode yang bervariasi selama pembelajaran, yakni dalam pelajaran IPS.
3.      Untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam menggunakan media gambar pada pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi produksi di kelas IV SD Negeri No. 104208 Cinta Rakyat.

1.6  Manfaat Hasil Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini adalah :
  1.      Bagi peneliti, sebagai menambah pengetahuan dengan pemberian penguatan di dalam kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung.
   2.      Bagi siswa, penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan motivasi dan daya ingat siswa tentang materi perkembangan tekhnologi produksi.
    3.      Bagi guru, meningkatkan keterampilan guru dalam penggunaan media dalam proses belajar mengajar.
   4.      Bagi sekolah sebagai bahan masukan bagi pihak sekolah khususnya Kepala Sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas, mutu sekolah, efektivitas dan efesiensi pembelajaran dengan menyediakan media pembelajaran. 


    Bagi yang ingin mengetahui Bab-bab selanjutnya dari skripsi ini, silahkan tinggalkan komentar

32 komentar:

  1. tolong kirim lanjutanx sbagai bhan referensi
    ne alamt emailx,
    desty.rancak@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim mb...silahkan di cek e-mailnya..
      trims sudah mampir..:)

      Hapus
    2. tolong kirim lanjutany sebagai bahan referensi
      ne alamt emailku,
      Berlianintan18@gmail.com

      Hapus
  2. boleh minta copy lanjutannya dong... kirim ke fannyreviansyah@rocketmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim mb...silahkan di cek ya...:)

      Hapus
  3. ditunggu kelengkapan Bab babnya ya gan.ke jaytegama@yahoo.co.id
    (sebelumnya trims bgt gan)

    BalasHapus
  4. minta kelanjutan bab-bab nya donk!!! untuk bahan referensi... ke alamat feyviana@yahoo.com... trimsss

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim dan bisa digunakan sebagai referensi...:)

      Hapus
  5. Pengen liat klanjutn Pa....ini email sya dhanapgt33@yahoo.com
    Thanks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim dan bisa melihat kelanjutan skripsi ini..
      tx sudah mampir..:)

      Hapus
  6. udah sy follow mas, boleh dong liat keseluruhannya :) buat perbandingan :)

    BalasHapus
  7. kirim ke email ya aa,, heheh run_chan@ymail.com

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. tolong kirim kelanjutannya donk, bwat referensi ke ainirrafikahpgsd@gmail.com

    BalasHapus
  10. tolong dong kirim di email ku aku butuh manget.... emailku dokterjiwotmj@yahoo.com makasih

    BalasHapus
  11. tlong kirim lanjutannya dong... butuhh bangatke martinusmunda@yahoo.com mkasihhh

    BalasHapus
  12. Boleh minta copy lanjutannya sebagai bahan referensi.. kirim ke kyutzlieya@yahoo.co.id
    Makasiiih

    BalasHapus
  13. baggiii.. dong.. gaan... buat bahaaan.... dricksdesigne@gmail.com

    BalasHapus
  14. tolong kirim lanjutan babnya y...basnuaje@gmail.com

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. Terima kasih telah mem-follow blog ABADIORKES dan Me-LIKE fan page ABADIORKES. Naskah lengkap skripsi telah dikirim.

      Trims :)

      Hapus
  16. boleh ikutan minta sample kelanjutan nya om, buat bahan referensi siucrit@gmail.com

    thanks ome

    BalasHapus
  17. SILAHKAN FOLLOW BLOG INI DAN LIKE PAGE FB ABADIORKES.
    TRIMS :)

    BalasHapus
  18. Silahkan follow blog ini dan fan page-ya terlebih dahulu. Setelah itu saya akan memberikan naskah lengkapnya. Terima kasih :)

    BalasHapus
  19. Bisa minta lanjutan Πγª mas
    Kirim k. Missamanetz@yahoo.com
    Tq sebelumnya

    BalasHapus
  20. Silahkan follow blog ini dan LIKE fan page-ya (https://www.facebook.com/pages/Abadiorkes/225037724181841)
    Setelah itu saya akan memberikan naskah lengkapnya. Terima kasih :)

    Silahkan konfirmasi di Fanpage Abadiorkes.

    BalasHapus
  21. aku juga donk
    mnta lanjutannya
    ni emaelku fitriarasyid@rocketmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan follow blog ini dan LIKE fan page-ya (https://www.facebook.com/pages/Abadiorkes/225037724181841)
      Setelah itu saya akan memberikan naskah lengkapnya. Terima kasih :)

      Silahkan konfirmasi di Fanpage Abadiorkes.

      Hapus
  22. mau liat lanjutannya donk
    bwt referensi
    ni email sy fitriarasyid53@yahoo.com
    plisssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan follow blog ini dan LIKE fan page-ya (https://www.facebook.com/pages/Abadiorkes/225037724181841)
      Setelah itu saya akan memberikan naskah lengkapnya. Terima kasih :)

      Silahkan konfirmasi di Fanpage Abadiorkes.

      Hapus
  23. tolong kirim lanjutanx sbagai bhan referensi
    ne alamt emailx,
    herlanggabaso@ymail.com

    BalasHapus

Jika ingin diskusi atau komunikasi lanjut, silahkan tinggalkan alamat e-mail teman.