SELAMAT DATANG SOBAT !!!! Terimakasih telah berkunjung ke ABADIORKES

3.19.2013

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI ---------T.A 2011/2012


OLEH
SUKMAWITA SITEPU
NIM : 071211920325

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
 Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang bertakwa kepada TYME berakhlak mulia, berilmu, cakap,  kreatif,  mandiri,  dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

 Proses belajar yang diselenggarakan di lembaga pendidikan formal atau sekolah tidak lain dimaksudkan untuk mengarahkan perubahan pada diri siswa secara terencana baik dalam aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Sardiman (95:2009) bahwa “Belajar adalah berbuat, berbuat untuk mengubah tingkah laku”
 Maka dengan belajar akan terjadi perubahan tingkah laku untuk menjadi lebih baik. Kegiatan belajar pada lembaga pendidikan formal merupakan kegiatan yang paling pokok dalam keseluruhan proses pendidikan dan tidak terlepas dari peranan guru sebagai tenaga pengajar sehingga dalam lembaga pendidikan formal kegiatan belajar mengajar saling terkait untuk pencapaian tujuan pendidikan. Hal ini mengandung arti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan tergantung bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa dimana guru sebagai pemegang peranan utama.
 Pembelajaran adalah proses yang dinamis, berkembang secara terus menerus sesuai dengan pengalaman siswa. Semakin banyak pengalaman yang dilakukan siswa maka akan semakin kaya dan sempurna pengetahuan mereka.
Namun dalam pembelajaran IPS di SD negeri 020268 kurangnya sarana dan prasarana membuat siswa merasa kesulitan dalam belajar, guru cenderung menggunakan metode pembelajaran satu arah dan kurangnya kreativitas guru dalam mengembangkan model pembelajaran serta rendahnya motivasi yang dilakukan guru untuk meningkatkan aktivitas siswa. Sesuai dengan yang di kemukakan oleh Sardiman (95:2009) “Tidak ada belajar kalau tidak ada aktivitas”
       Berarti dengan banyak beraktivitas siswa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih banyak dan pengetahuan yang lebih banyak serta dengan pengalaman langsung materi pelajaran dapat diterima dengan baik. Dan dengan bimbingan dari guru serta merencanakan segala kegiatan yang akan diperbuat siswa kemudian siswa itulah yang akan melakukan aktivitas dalam pembentukan dirinya.
       Maka untuk meningkatkan aktivitas siswa peran pelajaran IPS sangat penting bagi siswa antara lain menggariskan komitmen untuk melakukan proses pembangunan karakter bangsa, konsekuensinya dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru harus membantu siswa mengembangkan potensi serta kompetensi yang dimiliki siswa baik kognitif, afektif maupun psikomotor untuk menghadapi lingkungan hidupnya baik fisik maupun sosial budaya.
  Pengalaman yang diperoleh siswa dari hasil pemberitahuan orang lain seperti hasil dari penuturan guru, hanya akan mampir sesaat untuk diingat dan setelah itu dilupakan. Oleh sebab itu membelajarkan siswa tidak cukup hanya dengan memberitahukan akan tetapi mendorong siswa untuk melakukan sesuatu  melalui berbagai aktivitas yang mendukung terhadap pencapaian kompetensi. Setiap aktivitas termasuk berbagai karya yang di hasilkan siswa dari suatu proses pembelajaran, perlu dimonitor, diberi komentar, dikritik dan diberi catatan perbaikan oleh guru secara terus menerus.
  Dalam proses pembelajaran peneliti menemui kurangnya aktivitas yang dilakukan siswa. diketahui dalam pembelajaran IPS siswa kurang aktif. Siswa lebih banyak duduk diam mendengar penjelasan guru, dan kurang merespon materi yang di sampaikan oleh guru, siswa juga lebih senang bercerita dan bermain dengan teman sebangkunya dari pada belajar.
  Maka dari itu salah satu cara membangkitkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio. Portofolio adalah suatu model/metode dan pendekatan pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran untuk memecahkan suatu masalah. Model pembelajaran ini membantu para guru dan calon guru meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam kegiatan proses pembelajarannya, juga diharapkan dapat meningkatkan pengertian, pemahaman dan daya nalar siswa yang semakin aktif, kreatif, dan kritis sesuai dengan apa yang menjadi visi dan misi serta tujuan dari pendidikan khususnya pada mata pelajaran IPS.
  Berdasarkan latar belakang di atas maka, penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 020268 Binjai T.A 2011/2012”.

1.2 Identifikasi Masalah
       Berdasarkan latar belakang masalah yang sudah di uraikan  dapat diidentifikasi beberapa masalah antara lain:
1.      Kurangnya aktivitas siswa dalam pelajaran IPS.
2.      Kurangnya respon siswa terhadap materi pelajaran IPS yang disampaikan.
3.      Guru cenderung menggunakan metode yang monoton, yaitu ceramah.
4.      Rendahnya motivasi yang dilakukan guru untuk meningkatkan aktivitas siswa.
5.      Siswa merasa kesulitan dalam belajar IPS karena kurangnya sarana dan prasarana.

1.3 Batasan masalah
       Mengingat luasnya permasalahan yang akan diteliti maka, peneliti membatasi permasalahan tersebut yaitu : Meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio pokok bahasan keragaman sosial budaya berdasarkan kenampakan alam di kelas IV  SD Negeri  020268 Binjai T.A. 2011/2012.



1.4 Rumusan Masalah
       Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pokok bahasan keragaman sosial budaya berdasarkan kenampakan alam di kelas IV SDN 020268 Binjai T.A.  2011/2012?”.
       
1.5 Tujuan Penelitian
       Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pokok bahasan keragaman sosial budaya berdasarkan kenampakan alam dengan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio di kelas IV SDN 020268 Binjai T.A.2011/2012.

1.6 Manfaat Hasil Penelitian
1.      Bagi siswa, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam memahami konsep IPS khususnya pada pokok bahasan keragaman sosial budaya berdasarkan kenampakan alam.
2.      Bagi guru, sebagai sumbangan informasi dan pemikiran dalam rangka perbaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Portofolio.
3.      Bagi kepala sekolah, dapat dijadikan sebagi acuan dalam mengambil kebijakan guna menyiapkan sarana dan prasarana yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS.
4.      Bagi lembaga pendidikan, sebagai bahan pertimbangan untuk mahasiswa PGSD S1Unimed yang hendak melakukan penelitian tindakan kelas.
Bagi peneliti, untuk menambah ilmu pengetahuan dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang kelak akan diimplikasikan ketika mengajar.


Bagi yang ingin mengetahui Bab-bab selanjutnya dari skripsi ini, silahkan tinggalkan komentar

JANGAN LUPA BLOG INI DI FOLLOW YA....

8 komentar:

  1. link anda sudah saya pasang..

    cek di wongsirau.blogspot.com di widget PATNER

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok mas iful.....
      Thenk u ....
      Lngsng k tkp:)

      Hapus
  2. tolong kirim yg lengkap bab2 selanjutnya ke email ini yah,, ayudewi2507@gmail.com

    BalasHapus
  3. bab 2nya gan.. di dianrizkyfauzi@rocketmail.com

    BalasHapus

Jika ingin diskusi atau komunikasi lanjut, silahkan tinggalkan alamat e-mail teman.