SELAMAT DATANG SOBAT !!!! Terimakasih telah berkunjung ke ABADIORKES

1.08.2017

Apa Makna Ornamen Star Wars di Majalah Tempo English?

Cover Majalah Tempo English Edisi 3 Januari 2017
Sumber: tempo.co
Desain sampul majalah adalah alat pagas mata, penarik pembaca. Simbol-simbol yang melekat pada cover dianggap mewakili seluruh isi berita di majalah. Seperti, cover Majalah Tempo English: terkonsep dan bercerita, tak terkecuali Sampul Majalah Tempo English edisi 3 Januari 2017. 

Saya mencoba menganalisis semiotik sampul Majalah Tempo English dengan analisis Semiotik Model Roland Barthes. Sekedar menginfokan, titik tekan analisis semiotik Barthes mengacu pada Signifier – signified, makna denotatif, konotatif dan mitos. 

Penanda (signifier) adalah coretan bermakna. Penanda juga aspek material dari bahasa yaitu apa yang dikatakan atau didengar dan apa yang ditulis atau dibaca (Barens 2001: 180). 

Berikut simbol atau tanda yang menjadi penanda/yang menandai (signifier) dan petanda/yang ditandai (signified) dalam Sampul Majalah Tempo English edisi 3 Januari 2017: 



Signifier – signified 
1. Laki-laki berdasi (bermartabat) – Gender laki-laki  
2. Kepalan tangan kiri – Kekuatan 

Pria berdasi dengan kepalan tangan kiri

3. Hand Phone – Alat komunikasi 
4. Jari jempol (ibu jari) tangan kanan – Mengetik HP 
5.Laser Blaster – senjata di film star wars 
Ibu Jari mengetik Hand Phone dan mengeluarkan laser


6. Bintang di langit – Background star wars 
Bintang langit di malam hari

7.Warna Merah dan putih - Warna Nama Media dan Judul Laporan Utama
Warna Merah dan Putih pada nama Media dan Judul Laporan Utama

Kesimpulan denotatif yang bisa ditarik dari sampul Majalah Tempo English edisi 3 Januari tersebut adalah seorang laki-laki berdasi sedang memegang telepon seluler (HP) yang menghasilkan laser di malam hari. Dan warna huruf judul sampul, The Dark Side of Social Media berwarna putih cenderung menyesuaikan latar belakang yang berwarna gelap. 

Sedangkan makna konotatif yang bisa ditarik adalah seorang yang bermartabat dapat menggunakan senjatanya, yaitu HP yang terkoneksi internet dan memiliki media sosial, menjadi senjata yang sangat berbahaya. Warna merah pada tulisan Tempo dan judul laporan utama berwarna putih menggambarkan bahwa Majalah Tempo English berasal dari Indonesia. 

Tetapi, jika kita mengacu pada teori Barthes yang lebih rinci yaitu, asosiasi yang ditandai dan menandai dan tanda adalah kesatuan dari suatu bentuk penanda (signifier) dengan sebuah ide atau petanda (signified), maka muncul makna konotatif lain. 

Dalam signifier dan signified yang ada, muncul tanda yang bermakna Star Wars. Munculnya ornamen Star Wars seperti laser blaster dan bintang langit bukanlah tanpa makna. Simbol-simbol tersebut bisa dihubungkan dengan peristiwa yang baru-baru ini terjadi yang menyangkut Star Wars. 

Misalnya, meninggalnya Carrie Fisher, aktris senior pemeran Putri Leia pada film Star Wars, pada tanggal 27 Desember 2016. Satu lagi, peristiwa penembakan warga yang menyebabkan lima orang meninggal di Bandara Fort Lauderdale, Florida, Amerika Serikat. Fakta menyebutkan bahwa pelaku penembakan ternyata menggunakan kaos berlogo Star Wars. 

Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan mitos Majalah Tempo English Edisi 3 Januari 2017 dari analisis semiotik Barthes, bahwa Sosial Media bisa menggelapkan (menghancurkan) dunia, yang justru dilakukan oleh orang-orang yang berpendidikan dan memiliki kekuasaan. 

Hendry Roris

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jika ingin diskusi atau komunikasi lanjut, silahkan tinggalkan alamat e-mail teman.